TRAVEL UPDATE

10 Bangunan Hindu Budha Termegah di Asia

Ada banyak bangunan Hindu Budha yang spektakuler di Asia, dan beberapa diantaranya itu sudah dibangun sejak sebelum masehi, ketika tehnologi belum secanggih sekarang.

10. Lotus Temple

Meski nama sebenarnya adalah Baha’i House of Worship (rumah ibadah Baha’i) namun tempat ini lebih dikenal dengan nama Lotus Temple karena bentuknya yang seperti bunga lotus. Dibuka sejak tahun 1986, Lotus Temple menjadi salah satu kuil favorit di Delhi. Jika anda ingin berkunjung, Lotus Temple ini dibuka setiap hari kecuali Senin pada jam 09:00-19:00 pada saat summer dan pada jam 09:00-17:30 pada saat winter. Website

 

9. Ranakpur Temple

Ranakpur adalah salah tempat paling terkenal yang banyak dikunjungi di India Barat yang sebenarnya adalah nama sebuah desa yang terletak di Desuri Tehsil, India barat. Ranakpur temple memiliki area gedung yang sangat besar dengan tinggi langit-langit sekitar 7 meter, terbuat dari marmer putih yang diukir indah, dengan kualitas terbaik. Dengan eksterior yang juga sangat menawan. Untuk mengunjungi Ranakpur Temple ini, anda diwajibkan berpakaian panjangsetidaknya hingga di bawah lutut. Tidak diperkenankan menggunakan pakaian ataupun aksesori dan benda-benda yang terbuat dari kulit (termasuk ikat pinggang). Untuk kamera dikenakan biaya tersendiri, demikian juga kamera yang terdapat pada ponsel. Ranakpur Temple terbuka untuk wisatawan pada siang hari hingga jam 5 sore saja. Website

8. Taktsang Dong

Berada di tebing dengan ketinggian 900 meter, biara ini menciptakan pemandangan yang sangat memukau. Banyak yang menyebutnya Tiger Nest (sarang harimau), dan menjadi simbol tidak resmi negara Bhutan. Untuk mencapai lokasi biara ini, anda harus berjalan sekitar 2-3 jam dari tempat parkirnya. Biara aslinya dibangun pada abad ke-17 tetapi sebagian besar bangunan yang hancur dalam kebakaran tragis pada tahun 1998. Sejak itu kuil dibangun  kembali dan dikembalikan lagi ke jaman kejayaannya. Wisatawan hanya dapat berkunjung dengan perijinan sesuai standar yang telah ditetapkan. Dengan waktu yang ditentukan yaitu setiap hari pada jam 08:00-13:00 dan 14:00-17:00 pada bulan Oktober hingga Maret. Sedangkan pada bulan April hingga September jam berkunjung hingga pukul 18:00. Anda diwajibkan untuk mendaftar dan menitipkan tas serta kamera di bagian sekuriti. Website

7.Temple of Emerald Buddha

The Wat Phra Kaew atau Temple of the Emerald Buddha adalah tempat ibadah agama Budha paling terkenal di Bangkok. Lokasinya menyatu dengan Grand Palace. Patung Budha nya terbuat dari batu giok terbaik dengan lapisan emas menjadi jubahnya. Jam operasional mulai pukul 08:00 sampai 15:00. Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, berpakaianlah yang sopan.

 

6.Temple of Heaven

Kuil ini dibangun 1406-1420 pada jaman dinasti Ming, selama pemerintahan Kaisar Yongle, yang juga bertanggung jawab untuk pembangunan Kota Terlarang di Beijing. Tidak hanya pemandangannya saja yang indah , kuil ini juga dikelilingi oleh taman yang luas yang digunakan penduduk setempat berlatih tai chi di pagi hari dan pada akhir pekan. Dibuka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga pukul 20:00.

 

5. Golden Pavilion

Kinkaku – ji atau Golden Pavilion adalah daya tarik wisata paling populer di Kyoto. Paviliun ini awalnya dibangun sebagai villa bagi pensiunan Shogun Ashikaga Yoshimitsu pada akhir abad ke-14, lalu diubah menjadi kuil Zen oleh putranya. Sayangnya, paviliun itu dibakar pada tahun 1950 oleh seorang biarawan muda yang telah menjadi terobsesi memilikinya. Lima tahun kemudian, candi itu dibangun kembali sesuai bangunan aslinya. Lansekap yang indah dan refleksi kuil yang terkenal di atas air membuat pemandangan menjadi indah dipandang. Wisatawan diperkenankan mengunjungi kuil ini setiap hari pada pukul 09:00 hingga 17:00.

4.Harmandir Sahib

The Harmandir Sahib, yang lebih dikenal dengan Golden Temple adalah daya tarik utama di Amritsar, dan merupakan tempat keagamaan yang paling penting bagi Sikh. Pembangunan kuil terkenal dimulai oleh Guru Ramdas ji, pada abad ke-16 dan disempurnakan oleh penggantinya Guru Arjan. Pada abad ke-19, Maharaja Ranjit Singh menutupi lantai atas kuil dengan emas, yang memberikan penampilan yang khas dengan nama Inggris . Ini sebuah kuil yang menakjubkan, dan selalu penuh ribuan peziarah dari seluruh India. Berbeda dengan kuil lainnya, Golden Temple ini memiliki waktu kunjung wisatawan yang berbeda dalam setiap bulannya.

3.Bacchus

Baalbek adalah sebuah lokasi yang padat dengan situs arkeologi yang spektakuler di timur laut Lebanon. Dari abad ke 1 sebelum masehi dan dikerjakan sepanjang 2 abad. Bangsa Romawi membangun tiga kuil yaitu Jupiter, Bacchus dan Venus. Dirancang dan dibangun menjadi kuil terbesar pada saat kekaisaran Romawi. Dibuka waktu berkunjung bagi wisatawan pada pukul 08:30 hingga 30 menit sebelum matahari terbenam.

 

2.Borobudur

Berada diantara asrinya pedesaan di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 30 menit perjalanan dari Jogyakarta. Borobudur merupakan candi budha terbesar di Indonesia dibangun dengan sekitar lebih dari 2 juta batuan besar, pada abad ke 9 oleh dinasti Sailendra. Wisatawan dapat berkunjung sejak pukul 06:00 hingga pukul 17:00.

1.Angkor Wat

Angkor Wat  dikenal juga dengan sebutan Temple City adalah sebuah kompleks candi yang luas di Angkor, dibangun untuk raja Suryavarman II di awal abad ke-12 sebagai kuil negara dan ibu kota. Ini adalah satu-satunya candi di Angkor telah menjadi pusat agama sejak pembangunannya, pertama sebagai candi Hindu kemudian sebagai sebuah kuil Buddha. Dibuka untuk wisatawan pada pukul 06:00 hingga 18:00.

Sumber video : youtube

Post Comment