TRAVEL UPDATE

5 Tempat Wisata Keren Dan Misterius Di Indonesia

Ternyata ya, Indonesia punya banyak banget tempat keren dan selalu mengundang rasa ingin tahu. Meskipun lokasi dan tempatnya penuh misteri ataupun karena adat dan kebiasaan penduduk setempat yang berbeda dengan kita. Seperti lokasi-lokasi dibawah ini

1.Gereja Ayam

Gereja Ayam Magelang

Bila kalian berjalan melalui hutan tebal Magelang, jangan kaget ya jika tiba-tiba kalian melihat bangunan berbentuk seperti ayam raksasa. Penduduk setempat memberinya julukan Gereja Ayam.

Bangunan ini didirikan oleh seorang visioner berusia 67 tahun bernama Daniel Alamsjah, setelah menerima visi suci yang menginspirasinya memulai membangun sebuah gereja yang sebenarnya berbentuk merpati dan bukan ayam seperti yang disangka banyak orang, termasuk saya.

Gereja ini terbuka bagi siapapun yang ingin singgah ataupun beristirahat tanpa terkecuali dan tanpa memandang status kepercayaan masing-masing pengunjungnya.

Tragisnya bangunan megah di masa lalu ini ditutup, karena keterbatasan dana pemeliharaan bangunan yang tentu saja memakan biaya yang lumayan besar. Dan kini gereja ayam yang malang ini lebih terkesan horor dan kotor, tanpa ada penanganan lebih lanjut.

2. Trunyan

balipedia.com
balipedia.com

Silahkan mencoba mengunjungi pemakaman Trunyan di Bali yang dipenuhi dengan tengkorak dan tulang manusia yang telah terevolusi.

Di desa ini ada tiga kuburan (sema) yang diperuntukan bagi tiga jenis kematian yang berbeda.

Apabila salah seorang warga Terunyan meninggal secara wajar, mayatnya ditutupi kain putih, diberikan penghormatan dengan sebuah upacara, kemudian diletakkan tanpa dikubur di bawah pohon besar bernama Taru Menyan, di sebuah lokasi bernama Sema Wayah.

Namun, apabila penyebab kematiannya tidak wajar, seperti karena kecelakaan, bunuh diri, atau dibunuh orang, mayatnya akan diletakan di lokasi yang bernama Sema Bantas.

Sedangkan untuk mengubur bayi dan anak kecil, atau warga yang sudah dewasa tetapi belum menikah, akan diletakan di Sema Muda (Rumah Miarta Yasa)

Penjelasan mengapa mayat yang diletakan dengan rapi di sema itu tidak menimbulkan bau padahal secara alamiah, tetap terjadi penguraian atas mayat-mayat tersebut ini disebabkan pohon Taru Menyan tersebut, yang bisa mengeluarkan bau harum dan mampu menetralisir bau busuk mayat. Taru berarti pohon, sedang Menyan berarti harum. Pohon Taru Menyan ini, hanya tumbuh di daerah ini.

Jadilah Tarumenyan yang kemudian lebih dikenal sebagai Trunyan yang diyakini sebagai asal usul nama desa tersebut.

3.Pura Pemuteran

pinterest.com
pinterest.com

Pura di bawah laut ini bisa menjadi wisata terbaik bagi kalian yang hobi menyelam dan selalu penasaran dengan hal-hal misterius.

Pura ini dibangun pada tahun 2005, oleh Chris Brown dan Paul Turley, yang berkebangsaan Australia yang memang menetap di Pemuteran.

Pura ini memang sengaja dibangun di kawasan konservasi terumbu karang yang mendapatkan dana dari AusAid. Chris Brown dan Paul Turley menyebutnya garden temple (taman pura) bawah laut. Selain sebagai pelestarian terumbu karang, di gunakan juga untuk melatih penyelam yang ingin meraih level advance.

Pembuatan Candi Bawah Laut di Pemuteran Bali memakan waktu hampir 4 bulan dengan melibatkan penduduk dan pemerintah daerah setempat. Banyak pengrajin yang membuat pura siap jadi, kemudian oleh Chris Brown dan Paul Turley di beli dan ditenggelamkan di perairan Pemuteran.

4.Kalibiru

mainmania.com
mainmania.com
Kalibiru terletak di perbukitan Menoreh, Kulon Progo di ketinggian 450 meter dari permukaan laut. Bagi yang suka tantangan di ketinggian, pasti suka dengan pemandangan super megah dan permainan menantang yang ada di Kalibiru.
Yang suka fotografi atau ingin mengabadikan pengalaman seru ini, kalian bisa antri untuk selfie diatas pohon dengan waktu 5 menit saja, maklum ya, peminatnya antri panjang.
Bagi yang hobi flying fox, disini juga ada lho. Dengan tarif sangat murah, Rp10,000 saja, sudah bisa merasakan desiran angin nan sejuk diantara pacu adrenalin kalian.
5. Gunung Api Purba Nglanggeran
gunung-api-purba-nglanggeran
javaexotictour.com
Bukit Nglanggeran konon merupakan tempat menghukum warga desa yang ceroboh merusak wayang. Asal kata nglanggeran adalah nglanggar yang mempunyai arti melanggar.
Pada ratusan tahun yang lalu, penduduk desa sekitar mengundang seorang dalang untuk mengadakan pesta syukuran hasil panen. Akan tetapi para warga desa melakukan hal ceroboh. Mereka mencoba merusak wayang si dalang. Dalang murka dan mengutuk warga desa menjadi sosok wayang dan dibuang ke Bukit Nglanggeran.
Di sekitar Gunung Nglanggeran dapat dijumpai embung yang merupakan bangunan berupa kolam seperti telaga di ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Embung dengan luas sekitar 5.000 meter persegi itu berfungsi menampung air hujan untuk mengairi kebun buah kelengkeng, durian, dan rambutan di sekeliling embung. Pada musim kemarau, para petani bisa memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah.
Pengunjung bisa naik ke embung dengan tangga. Sampai di sisi embung, pengunjung bisa melihat matahari terbenam dan melihat gunung api purba di seberang embung.
Happy traveling..!!

Post Comment