Travel Update

Bintang Laut, Si Cantik Permata Samudera

starfish
picture link : sa.co.ua

Bintang laut, termasuk salah satu mahluk laut yang kaya jenisnya, baik dari segi warna, bentuk dan ukurannya. Beberapa diantaranya sangat lunak.

Tak banyak orang mengetahui, jenis apakah mahluk yang satu ini? Binatang kah? Atau tumbuhan ?

Yuk, kita simak beberapa hal yang tak terduga tentang mahluk laut cantik ini. Bintang Laut bukan ikan.

Meskipun dalam bahasa Inggris disebut Starfish, mahluk satu ini bukanlah ikan, sebab bintang laut tidak memiliki insang, sisik ataupun sirip seperti ikan pada umumnya. Dan jika ikan mendorong diri dengan ekor, maka bintang laut memiliki tabung kecil untuk membantu mereka bergerak.

Bintang laut termasuk Echinodermata Filum (hewan berkulit kasat dan berduri), ini berarti mereka terkait dengan landak laut, dan teripang (ya, tentu saja mereka adalah hewan yang nyata).

Ada ribuan spesies bintang laut. Ya, ada sekitar 2.000 spesies bintang laut. Beberapa tinggal di zona intertidal (daerah antara pasang tertinggi dan surut terendah di pantai), beberapa di air dalam, beberapa di daerah tropis, sebagian dalam air dingin.

Oya, tidak semua bintang laut memiliki 5 lengan. Tidak semua bintang laut mempunyai 5 lengan, banyak juga bintang laut yang memiliki lebih dari 40 lengan!

Tahukah anda, bintang laut dapat meregenerasi lengannya lho! Mengagumkan! Ternyata bintang laut mampu meregenerasi lengannya yang terputus.

Hal ini terjadi ketika ada predator akan memangsa mereka, maka bintang laut mematahkan lengannya, demikianlah cara bintang laut menyelamatkan nyawanya, meskipun harus menunggu hingga satu tahun untuk tumbuhnya lengan baru. Bintang laut dilindungi baju besi

Meski tidak semua species, kulit bintang laut terasa kasar, atau sedikit berduri. Bintang laut memiliki penutup keras pada sisi atas mereka, yang terdiri dari piring kalsium karbonat dengan duri kecil pada permukaan mereka. Duri bintang laut digunakan untuk melindungi diri mereka dari predator, yang diantaranya burung, ikan dan berang-berang laut. Bintang laut tidak memiliki darah, sebab bintang laut memiliki sistem vaskular air yang dapat membuat mereka hidup.

Nah, banyak species bintang laut yang bisa anda temukan di pantai-pantai di Indonesia yang jauh dari polusi.

Sumber : Jennifer Kennedy

Berikan pendapatmu

Post Comment

error: Content is protected !!