Kuliner

Galendo, Makanan Tradisional Khas Ciamis

galendoKetemu sama jenis kue oleh-oleh ini, pas ketika kami mampir di sebuah resto di Ciamis. Biasalah, namanya juga lagi traveling, pasti  absen dulu ke pojok souvenir, yang isinya mulai dari gantungan kunci sampai jajanan khas daerah tersebut.

Sedang asik-asiknya celingak celinguk, eh terlihat nama baru, Galendo. Aha, dapet juga oleh-oleh model baru nih. Beli satu ah, buat trial.

Galendo, menurut cerita terbuat dari kelapa parut, kemudian dimasak hingga keluar minyak kelapa murni. Ampas dari minyak itu terkenal dengan sebutan Galendo. Di tahun 1970-1980 makanan Galendo seringkali ditemui di setiap rumah di Ciamis.

Ciamis memang dikenal sebagai pemasok minyak kelapa di Jawa Barat. Masyarakat setempat tak pernah membeli minyak, karena selalu memproduksi sendiri dirumahnya masing-masing.

Namun setelah minyak goreng curah masuk ke Ciamis, warga Ciamis-pun malas memproduksi minyak, dan mereka pun kecanduan minyak curah itu.

Seiring masuknya minyak goreng curah, jenis makanan Galendo-pun lenyap. Untuk melestarikan makanan ini, Pemda Ciamis kini melestarikan kembali Galendo itu.

Kini Galendo bisa ditemukan di setiap toko di setiap obyek wisata dan di toko-toko di kota Ciamis. Selain harga cukup murah, Galendo pun sangat tahan meski disimpan beberapa minggu.

Galendo bisa dimakan langsung, bahkan bisa dijadikan sambal Galendo, yang kemudian diaduk dengan sayuran genjer yang biasa ditemukan di tengah sawah.

Penasaran?

Berikan pendapatmu

2 Comments

  1. Awalnya, galendo merupakan hasil sampingan karena yang diproduksi dan dijual adalah minyaknya. Namun karena rasanya yang manis dan gurih, galendo dimanfaatkan juga untuk penganan. Kini, harga galendo justru lebih mahal dari minyaknya.

    Reply

Post Comment

error: Content is protected !!