Kuliner

Rasa Unik Bingka Bakar

indexJika Anda bertandang ke Batam, Kepulauan Riau, jangan abaikan kue bingka bakar dan kue bilis. Oleh-oleh khas Batam itu memiliki nilai sejarah, karena kerap dikaitkan dengan Kerajaan Melayu.

Bentuk kue bingka bakar sungguh unik. Kue berbahan: tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam, itu dicetak seperti bunga. Setelah berbentuk adonan, kue itu dipanggang sekitar setengah jam.

Pada zaman Kerajaan Melayu dulu dikenal bingka rasa pandan. Kini, soal rasa telah dimodifikasi. Ada yang menambahnya dengan parutan keju atau siraman coklat.

Jajanan itu dijual seharga Rp 20 ribu per potong. Kue itu juga termasuk laris. Tak jarang warga Malaysia atau Singapura sengaja datang ke Batam sekadar mencicipi bingka baker.

Kue bilis juga jangan diabaikan. Jajanan berbahan: tepung terigu, telur, bawang, daun seledri, garam, penyedap rasa, dan ikan teri atau bilis kering, itu bentuk sederhana. Adonan itu digoreng dengan api kecil, dan siap menemani kue bingka bakar sebagai kudapan ringan di sore hari.

Berikan pendapatmu

Post Comment

error: Content is protected !!